TIPS wajah sehat dan bersih

Memiliki wajah yang cerah bersinar dan tidak kusam adalah impian hampir semua orang, terutama kaum wanita. Selain untuk meningkatkan penampilan, hal ini juga dapat meningkatkan rasa percaya diri. Kulit merupakan organ terbesar pada tubuh manusia dengan lapisan terluarnya yang dinamakan epidermis. Epidermis adalah bagian berperan penting dalam melindungi kulit dari faktor-faktor perusak di luar tubuh. Di balik epidermis terdapat lapisan dermis yang disebut juga sebagai lapisan tengah kulit. 

Selain pertambahan usia, faktor lingkungan berpengaruh pada perubahan kulit, terutama dampaknya kepada proses alami penuaan kulit . Sinar matahari menjadi penyebab utama dari kerusakan kulit karena adanya kandungan sinar ultraviolet dan radikal bebas. Paparan sinar ultraviolet (UV) yang berlebihan dari matahari pada dasarnya bersifat merusak sebagaimana efeknya dapat merusak kolagen dan elastin.  Beberapa orang sering berpikir, sudah pakai skincare secara rutin dengan baik dan benar, tapi kok sepertinya tidak banyak perubahan yang terjadi ya? Nah, bisa jadi pola hidupmu selama ini tidak sehat yang membuat skincare tersebut tidak bekerja secara maksimal. 

Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mendapatkan kulit yang cerah bersinar, yaitu : 

Rutin Berolahraga 

Rutin berolahraga baik untuk kesehatan kulit wajah, terutama meremajakan dan mencerahkan kulit. Dengan rutin melakukan olahraga, sirkulasi darah akan berjalan lebih lancar, sehingga kulit akan mendapatkan suplai oksigen dan nutrisi yang cukup. Itulah yang menyebabkan mengapa rutin melakukan olahraga dapat membuat kulit terlihat lebih bersinar dan sehat. 


Konsumsi Makanan Sehat 


Selain perawatan dari luar, nyatanya kamu juga dapat melakukan perawatan sederhana dari dalam tubuh dengan mengonsumsi makanan sehat. Kesehatan kulit juga akan dipengaruhi oleh asupan nutrisi dan gizi yang masuk dalam tubuh.  Buah dan sayuran sangat baik untuk kulit wajah. Hal itu karena, buah dan sayur dapat memperbaiki pigmen kulit kamu. Warna kulit manusia didesain oleh tiga pigmen yaitu hemoglobin, karotenoid, dan melanin. Banyak buah yang mengandung karetonoid. Warna hijau didapat dari brokoli, warna oranye yang cerah dari jeruk, dan warna merah dari tomat.  Ada beberapa nutrisi dan gizi yang sangat diperlukan bagi kesehatan kulit, seperti lemak sehat, protein, vitamin A, C, dan juga E. Berbagai nutrisi serta gizi yang dibutuhkan nyatanya dapat kamu penuhi dengan mengonsumsi beberapa makanan sehat, seperti ikan salmon, sayuran hijau, telur, buah alpukat, dan juga minyak zaitun.


Atur pola tidur yang ideal 


Ketika kita tidur, nyatanya hampir seluruh bagian tubuh juga ikut beristirahat, termasuk bagian kulit kita. Kekurangan waktu istirahat atau waktu tidur artinya membuat kulit tidak dapat beristirahat dengan baik sehingga kulit tidak dapat memperbaiki sel atau jaringan yang rusak dengan optimal.  Menurut Dr. Joshua Zeichner seorang Clinical Research di Mount Sinai Hospital, kekurangan tidur sangat rentan menyebabkan gangguan kesehatan pada kulit, misalnya peradangan pada kulit atau munculnya jerawat. Selain itu, kekurangan tidur juga dapat membuat kamu mengalami kondisi dehidrasi yang menyebabkan kulit akan terlihat kusam dan kering. Waktu tidur yang ideal adalah 7-9 jam/hari. Keseringan begadang sangat tidak baik untuk kesehatan kulit wajah. Skincare malam yang dipakai juga tidak dapat bekerja secara maksimal. Tidur yang cukup dapat memperbaiki sel-sel kulit mati pada wajah. Perbaikan sel tersebut tidak akan terjadi apabila kulit wajah mengalami stress dan lelah akibat begadang, justru kondisi kulit wajah akan semakin memburuk, seperti timbulnya kantung mata bahkan jerawat.

Postingan Terkait

No comments:

Post a Comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *